Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli

Sumenep, (Media Madura) – Dana yang akan digelontorkan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terhadap Pemerintah Desa di Kabupaten Sumenep dipastikan akan semakin besar pada tahun 2020 ini.

Pasalnya, anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) akan kembali ditambah. Di Sumenep, total DD pada tahun 2020 sebesar Rp 341 miliar, naik sekitar Rp 4 miliar dari tahun lalu.

Begitu juga dengan anggaran ADD. Pada tahun 2019 hanya pada kisaran Rp 134 miliar, tapi saat ini mengalami peningkatan hingga Rp 139 miliar.

“Kalau untuk DD mengalami kenaikan sekitar Rp 4 miliar atau satu persen lah,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli, Rabu (15/01/2020).

Ramli berujar, dengan adanya penambahan dana yang dikelola oleh masing-masing desa ini diharapkan pemerintahan dan pembangunan di desa akan lebih baik.

“Prioritas dari realisasi anggaran ini diharapkan banyak dimanfaatkan pada bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Ramli.

Menurut Ramli, dengan dikucurkannya dana besar otomatis kesejahteraan aparatur desa akan lebih meningkat. Dengan begitu, tingkat pelayanan dan pembangunan juga harus lebih meningkat.

“Selebihnya nanti masyarakat yang akan menilai kinerja Kades dan aparatur desa dari realisasi DD dan ADD tersebut,” pungkasnya.

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.