Ratusan Ribu Orang di Sumenep Alami Gejala TBC

Sekretaris Dinkes Sumenep, Slamet Budi Harjo

Sumenep, (Media Madura) – Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes), sekitar 30 persen penduduk Kabupeten Sumenep, Madura, Jawa Timur terjangkit gejala penyakit TBC (tuberculosis) atau TB.

“Ada temuan serius baru-baru ini, sekitar 30 persen masyarakat di Sumenep ini terjangkit gejala TBC, ini masuk tertinggi di Jawa Timur,” kata Sekretaris Dinkes Sumenep, Slamet Budi Harjo, Senin (6/1/2020).

Kata Harjo, temuan tersebut berdasarkan diagnosa dan analisis dari serta hasil survei dari tim Independen Provinsi Jawa Timur.

“Saya tidak bisa menyebutkan detail angka-angka, tapi itu (30 persen) data yang disampaikan pak Kadis kemarin,” ungkap Harjo.

Menurutnya, ada beberapa gejala penyakit TBC secara umum, diantaranya adalah batuk terus menerus, batuk berdarah, demam, barat badan badan menurun, dan juga lemah.

“Karenanya, kepada masyarakat apabila mengalami hal tersebut, sebaiknya segera periksa di dokter,” imbuhnya.

Soal korban yang sudah terjangkit TBC ini, mantan Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) ini belum memberikan secara pasti.

Namun kata dia, karena TBC penyakit yang mudah menjangkit, pihaknya terus memberikan pencerahan kepada masyarakat agar mengetahui hal yang perlu dilakukan dalam antisipasi TBC sejak dini.

“Kami terus memberikan pencerahan melalui tim independen. Dan juga melibatkan masyarakat melalui program dari pintu ke pintu. Mereka sosialisasi dan deteksi dini,” tukasnya.

Reporter : Rosy
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.