Polisi Gelar Apel Kesiapsigaan Bencana di Sampang

Sekda Sampang Yuliadi Setiawan bersama unsur terkait mengecek alat pendukung penanganan bencana alam saat gelar apel sinergitas TNI/Polri dan Pemkab dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana di lapangan Wijaya Kusuma, Senin (6/1/2020) pukul 15.40 WIB. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Polres Sampang menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam. Apel bersama unsur terkait digelar di lapangan Wijaya Kusuma, Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, Senin (6/1/2020) sore.

Apel dihadiri Sekretaris Daerah Yuliadi Setiawan, Kapolres Sampang AKBP Didit Bambang Wibowo Saputro, Dandim 0828 Letkol Czi Ari Syahrial, Kepala BPBD Anang Djoenaidi, Ketua PMI Moh Anwari Abdullah.

Sekretaris Daerah Pemkab Sampang Yuliadi Setiawan, mengatakan kegiatan ini sekaligus untuk mengetahui kesiapan menghadapi bencana serta melakukan pengecekan alat-alat pendukung dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam.

“Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terutama masyarakat dalam menghadapi anomali cuaca yang berpotensi menyebabkan bencana banjir, longsor, dan angin kencang,” ucap Yuliadi dalam sambutannya.

Yuliadi menjelaskan, hujan disertai angin kencang yang terjadi Minggu kemarin menyebabkan pohon tumbang dan fasilitas umum rusak di Sampang. Namun peristiwa itu tidak menyebabkan korban jiwa.

“Hanya saja atap Puskesmas Banyuanyar rusak karena angin kencang, dan terjadi pohon tumbang di beberapa titik seperti taman kota sudah dievakuasi dengan alat yang kami miliki,” terangnya.

Sementara Kapolres Sampang AKBP Didit Bambang Wibowo Saputro, menegaskan pihaknya bersama TNI siap melakukan evakuasi terhadap korban bencana alam yang terjadi di wilayahnya. Ia juga menghimbau agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama dalam membuang sampah sembarangan.

Menurut Kapolres, peran media juga sangat penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Sekaligus memberikan sosialisasi tentang kesiapsiagaan bencana demi keselamatan jiwa.

“Apa yang harus dilakukan masyarakat semisal mematikan aliran listrik dan lainnya, ini yang perlu disampaikan kepada publik oleh media,” kata Didit.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.