DPRD Pamekasan: Masyarakat Banyak Komplain Soal Pelayanan Kesehatan

Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan, Mohammad Sahur

Pamekasan, (Media Madura) – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menemukan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tidak melayani pasien secara memuaskan. Temuan tersebut berdasar hasil inspeksi mendadak (Sidak), Senin (16/12/2019).

Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan, Mohammad Sahur mengatakan, pelayanan kurang memuaskan itu dikeluhkan oleh keluarga pasien dan pasien. Selain itu, fasilitas puskesmas milik Pemkab itu dianggap tidak memadai.

“Masyarakat banyak yang komplain ke kami terkait pelayanan terhadap pasien, baik dari segi tenaga medis maupun fasilitas medisnya,” katanya.

Atas keluhan para keluarga dan pasien itu, pihaknya langsung melakukan pengecekan ke beberapa bagian puskesmas untuk memastikan fasilitas dan pelayanannya mengecewakan.

“Fasilitas layanan kesehatan itu masih jauh dari kata layak, perlu perbaikan yang signifikan,” tambah Sahur.

Tidak hanya itu, lanjut dia, dokter spesialis merangkap menjadi Kepala Puskesmas (Kapus) yang tentunya akan berdampak terhadap pelayanan pasien, hal itu membuktikan Sumber Daya Manusia (SDM) di Puskesmas itu ternyata belum siap.

“Di sana dokternya masih kurang, dokter spesalisnya masih merangkap Kepala Puskesmas (Kapus), jadi menurut kami belum masuk katagori ideal. Fasilitas di sana masih jauh dari kata layak, apalagi sempurna. Jadi kami nilai sangat tidak layak fasilitasnya,” tegasnya.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.