Pamekasan, (Media Madura) – Kodim 0826 Pamekasan menggelar Diklat Pembentukan Kader Bela Negara. Dandim Pamekasan Letkol Inf M.Effendi membuka secara resmi kegiatan ini. Sabtu (09/11/2019) pagi.

Diklat pembentukan kader bela negara ini diikuti oleh siswa-siswi SMA dari berbagai sekolah dan figelar di Makodim jalan Letnan Maksum nomor 12. Peserta diklat berjumlah 100 Orang dari SMA 1 hingga SMA 5, SMK 1 sampai SMK 3 dan dua Madrasah Aliah Negeri yang ada di kabupaten Pamekasan.

Pembukaan diklat ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Pamekasan Rajae, Kapolres Pamekasan AKP Teguh Wibowo, Kasdim 0826 Pamekasan Mayor Inf.Imam Suyoso, Kepala Bakesbangpol Imam Rifadi, Sekda Pamekasan Totok Suhartono, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Pamekasan Sutrisno dan Pembina dari masing – masing peserta Diklat

Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf M.Effendi mengatakan, kegiatan diklat pelatihan bela negara tahun 2019 ini merupakan salah satu program dalam rangka menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan di kalangan para pelajar sebagai generasi penerus dalam mengisi kemerdekaan.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga bertujuan untuk menamkan nilai-nilai bela negara bagi para pelajar agar memiliki kesadaran dan mampu menerapkan dalam lingkungan sekolah.

“Di samping itu pembinaan kesadaran bela negara diarahkan untuk menangkal paham-paham idiologi serta budaya yang bertentangan dengan nilai kepribadian bangsa Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, pada dasarnya hakekat pembinaan kesadaran bela negara adalah upaya untuk membangun karakter bangsa indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme serta ketahanan nasional demi terwujudnya NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

“Pelatihan bela negara ini bukanlah militerisme namun merupakan salah satu bentuk kepada upaya untuk mengubah pola pikir, seperti pelatihan kedisiplinan dan kepemimpinan sehingga hal-hal tersebut dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah,” urainya.

Menutup sambutannya, Dandim berharap apa yang nantinya didapat dalam diklat ini para peserta dapat menerapkan di lingkungan dan sekolah masing-masing.

“Untuk itu lakukan diklat ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan semangat sesuai arahan dan petunjuk para pembina,” pungkasnya.

Reporter : Ist
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.