Ilustrasi

Sampang, (Media Madura) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang menggelar tes urine kepada 130 bakal calon kepala desa dari 38 desa. Hasilnya, salah satu bakal calon diduga positif memakai narkoba.

Tes urine yang berlangsung dua hari di Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur tersebut merupakan tahapan dari pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019.

“Iya, satu bakal calon kades positif mengkonsumsi Amphetamine dan Methamphetamine saat tes urine,” ungkap Ketua Pelaksana Harian Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sampang Jaya Abrianto, Selasa (8/10/2019).

Dirinya menuturkan, bakal calon kades yang diduga positif itu asal Desa Tamberu Daya. Yang bersangkutan adalah calon kades incumbent.

Jaya sekaligus Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sampang itu mengaku tidak mempunyai kewenangan apakah bakal calon tersebut tetap bisa mengikuti tahapan berikutnya.

“Inisial SH, tapi dari hasil tes urine itu sudah diberikan kepada panitia pemilihan kepala desa (P2KD), pihak panitia inilah yang berwenang untuk selanjutnya,” tuturnya.

Sementara saat dikonfirmasi melalui telepone, Kepala DPMD Sampang Malik Amrullah belum bisa memberikan keterangan.

Untuk diketahui, pelaksanaan tes urine bagi calon kades sebagai amanah Peraturan Bupati (Perbub) nomor 31 tahun 2019 di Pasal 21 huruf N, menyebutkan tentang kewajiban persyaratan yang harus dipenuhi bagi Bacakades agar bebas narkoba.

Reporter : Zainal
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.