Ini Jadwal Uji Kepemimpinan Bacakades di Sumenep

Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli

Sumenep, (Media Madura) – 226 desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tahun 2019 akan menggelar Pilkades serentak pada 7 November 2019 untuk wilayah daratan dan 14 November 2019 untuk wilayah kepulauan.

Sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 54 tahun 2019, jumlah calon kepala desa maksimal lima orang dan minimal dua orang.

Selanjutnya, bagi desa yang bakal calon kepala desa (Bacakades) lebih dari lima orang, maka diberlakukan sistem skoring yang meliputi, pengalaman pemerintahan, pendidikan, usia dan uji kepemimpinan.

-Advertisement-

Data di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, terdapat 41 desa yang bacakadesnya lebih dari lima orang. Sehingga harus mengikuti tes tambahan yang rencananya akan digelar awal Oktober.

“Pelaksanan tes tambahan ini kami jadwalkan pada 2 Oktober, bulan depan,” terang Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli, Jum’at (20/9/2019).

Ramli menyebutkan, terdapat 300 peserta yang bakal mengikuti tes itu, mereka berasal dari 41 desa baik daratan maupun kepulauan. Pelaksanan tes bakal dipusatkan di Gedung Korpri Jl. dr. Cipto Sumenep.

Sementara teknis pelaksanaan, kata Ramli, pihaknya menunjuk pihak ketiga, yakni Universitas Merdeka Malang.

“Kami harap dilakukan secara independen, tidak ada keperpihakan, semua calon diberikan soal dan dilakukan di tempat serta waktu yang sama,” ungkapnya.

Setelah pelaksanaan tes selesai, sambung Ramli, nilai tes tambahan nantinya akan diserahkan langsung kepada panitia.

“Tim akan diserahkan langsung oleh pihak ketiga kepada panitia, artinya nilai itu tidak mampir di tim kabupaten. Karena tim kabupaten hanya memfasilitasi, dan nilai akan dipublis pada hari itu juga,” tandasnya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.