Salah satu pulau di Sumenep (dok/MM)

Sumenep, (Media Madura) – Dua Kecamatan di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dibuat heboh oleh getaran yang dirasakan oleh sebagian masyarakat, Kamis (8/8/2019) pagi.

Getaran yang mirip gempa bumi itu sempat bikin warga setempat panik. Pasalnya, pada tahun 2018 kemarin, pulau tersebut diguncang gempa yang mengakibatkan banyak bangunan rumah hancur.

Namun, usut punya usut, getaran yang dirasakan di pulau tersebut bukanlah gempa, melainkan getaran itu berasal dari bom ikan atau potas di wilayah perairan Sapudi dan Raas.

“Memang terjadi getaran di wilayah Desa Prambanan, Pulau Sapudi. Tapi itu bukan gempa, melainkan ledakan potasium atau bom ikan di perairan Sapudi dan Raas,” terang Kepala BPBD Sumenep, Abd Rahman Riadi, Kamis (8/8/2019).

Dijelaskan, getaran yang terasa hingga daratan itu disebabkan oleh dua kali ledakan bom ikan di laut. Kemungkinan besar bom ikan yang diledakkan itu tidak terlalu jauh dari pinggir pantai.

“Informasinya ada dua kali ledakan. Tapi yang jelas itu bukan gempa bumi, jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” tukasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.