Pilkada Sumenep 2020, KPU Butuh Rp 66 Miliar

Katua KPU Sumenep, Abd. Warits

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengajukan anggaran sebesar Rp 66,3 miliar untuk pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang.

“Ya, kita sudah bikin draft untuk diusulkan ke Pemkab Sumenep. Totalnya Rp 66,3 milyar,” terang Ketua KPU Sumenep, Abd. Warits, Kamis (1/8/2019).

Warits mengakui adanya pembengkakan cukup signifikan anggaran Pilkada 2020 mendatang ketimbang anggaran Pilkada 2015 lalu.

“Kita mengestimasi calon itu dari perorangan dua orang, dari partai politik itu empat. Belum lagi menyesuaikan anggaran pengadaan dan honorium,” jelasnya.

Disamping itu, juga ada penambahan tempat pemungutan surat suara. Hal itu karena daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada mendatang diprediksi bertambah hingga mencapai 900.000 jiwa.

“Jadi kita juga menambah TPS. Pilkada sebelumnya tahun 2014 itu ada 2.400 TPS, sekarang tahun 2020 di draft itu kita usulkan 2.500 TPS,” paparnya.

Hal lain, yang membuat draft anggaran itu mencapai Rp 66 miliar lebih, karena ada pengadaan kotak suara baru. Sebab, kotak suara yang ada di KPU Sumenep tidak bisa digunakan lagi.

“Kotak suara yang Pilkada lalu itu sudah diperintahkan oleh Sekjen untuk dilelang. Kalau Pemilu 2019 lalu kan dari kardus, itu memang habis pakai,” tandasnya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.