Kapal Motor Milik Pemkab Sumenep Ini Dikabarkan Dijual ke Pengusaha Besi Tua

KM DBS II di pelabuhan kalianget

Sumenep, (Media Madura) – Beredar kabar, bahwa Kapal Motor (KM) Darma Bhakti Sumekar (DBS) II dijual pada pengusaha besi tua. Konon, harganya mencapai Rp 5,8 miliar.

Indikasi penjualan semakin kuat, posisi kapal saat ini sudah bergeser dari semula berada di pelabuhan milik PT Garam, saat ini sudah berada di dekat Kantor Pos Polairut.

Namun kabar dijualnya kapal milik Pemkab Sumenep itu dibantah oleh Direktur Operasional PT Sumekar, Akhmad Zainal Arifin, bahwa saat ini belum ada penjualan apapun.

“Tidak benar, sampai saat ini belum ada ke kita, kita belum tahu, di jajaran Direksi belum juga. Lalu dapat dari mana harga itu, kalau tidak melalui proses lelang jelas tidak sesuai aturan,” tegasnya.

Namun demikian, Zainal megakui pihaknya berencana untuk menjual kapal tersebut, hanya saja proses penjualan itu akan dilakukan dengan mekanisme yang diatur dalam peraturan.

Sesuai aturan, proses penjulan harus melalui proses panjang. Pertama PT Sumekar harus mendatangkan lembaga penafsir harga (tim appraisal), setelah itu masih melakukan rapat pemegang saham guna merencanakan penjualan.

“Baru setelah itu proses lelang dilakukan. Susah ya, kami dua kali mencari (tim appraisal), tapi gagal,” imbuhnya.

Kapal DBS II merupakan aset milik Pemerintah Kabupaten Sumenep yang dikelola oleh PT Sumekar selaku badan usaha milik daerah (BUMD). Sejak beberapa tahun, kapal tersebut mangkrak di Pelabuhan Kalianget.

Reporter : Rosy
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.