Jawara Pileg 2019, PKB Sumenep Pastikan Usung Cabup Sendiri

Wakil Sekretaris DPC PKB Sumenep, Ahmad Syaiful A’la

Sumenep, (Media Madura) – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumenep, Madura, Jawa Timur memastikan akan mengusung Calon Bupati sendiri pada Pilkada Sumenep 2020 mendatang.

Sikap tegas tersebut terlontar pasca PKB dipastikan menjadi pemenang di Pemilihan Legislatif (Poleg) 2019 dengan meraup 10 kursi dari 50 kursi yang diperebutkan.

Secara aturan, dengan 20 persen kursi yang kini dimiliki, PKB berhak mengusung calon Bupati sendiri pada Pilkada Sumenep 2020 walau tak berkoalisi dengan partai lain.

“Insyaallah kita tetap mengusung Bupati sendiri, pasti itu,” ujar Wakil Sekretaris DPC PKB Sumenep, Ahmad Syaiful A’la, Selasa (23/7/2019).

Sebagai partai yang lahir dari rahim NU, pihaknya sudah meminta pertimbangan PC NU Sumenep perihal kriteria calon yang akan diusung.

Namun, ia enggan menyebutkan kriteria calon yang diinginkan oleh PC NU ataupun DPC PKB Sumenep. Bahkan ia menegaskan belum merekomendasikan nama terkait M1 yang akan dijagokan.

“Belum, saat ini (belum ada nama-nama calon yang diusulkan), mereka nama-nama (yang muncul di masyarakat) itu masih kampanye sendiri-sendiri. PKB belum memunculkan nama-nama,” ungkapnya

Tidak hanya akan mengsung cabup sendiri, PKB Sumenep juga memiliki hasrat untuk mengusung Calon Bupati dan Wakil Bupati sekaligus.

“Kalau bisa M 1 (bupati) dan M 2 (wakil bupati) nanti dari PKB,” kelakarnya.

Namun begitu, segala kemungkinan ini masih akan dibulatkan pada Muskercab PKB bulan Agustus 2019 mendatang. Termasuk apakah akan maju sendiri atau berkoalisi dengan parpol lain.

“Koalisi juga tidak menutup kemungkinan. Nanti kita lihat, kalau partai itu satu visi dengan kita (PKB) ya tidak menutup kemungkinan untuk koalisi,” tukasnya. 

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.