Panitia lomba karya tulis milenial serta sastrawan melakukan rapat koordinasi di Mapolres Sampang, Senin (8/7/2019). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Polres Sampang bersama Aliansi Jurnalis Sampang (AJS) menggelar lomba karya tulis milenial dengan tema Mendekatkan Kepolisian dengan Masyarakat. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara Ke-73.

Sebagai persiapan dalam lomba tersebut tim panitia yang terdiri dari jurnalis, sastrawan, dan pihak polres, berkoordinasi membahas penilaian hasil karya tulis dan penyerahan hadiah pada puncak kegiatan.

Lomba karya tulis ini sudah diikuti sebanyak 70 peserta dari pelajar tingkat SMP/MTs, SMA/MA dan sederajat. Para peserta mengirimkan karya tulis dalam bentuk tulisan Microsoft Word yang dikirim melalui email Aliansijurnalissampang@gmail.com dengan melampirkan biodata.

Ketua AJS Kamaludin, mengatakan lomba karya tulis milenial digelar bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sampang, serta menjaring kemampuan karya siswa dalam sebuah tulisan. “Lomba ini mampu mengasah kreatifitas pelajar untuk terus berkarya,” ujarnya usai rapat koordinasi di Mapolres, Senin (8/7/2019).

Selain itu, hasil karya tulis yang dikirim pelajar tersebut diuji dan dinilai oleh sastrawan di Sampang. “Ya, kami juga menggandeng sastrawan sebagai bentuk netralitas dalam menilai hasil karya tulis mereka agar bisa diketahui tulisan mana yang lebih berkompeten,” imbuh jurnalis Trans7 itu.

Kasubag Humas Polres Sampang Ipda Puji Eko Waluyo, menyampaikan kegiatan lomba karya tulis milenial merupakan serangkaian memperingati HUT Bhayangkara ke-73. Salah satu tujuannya adalah untuk pendekatan pihak kepolisian di masyarakat khususnya bagi para pelajar.

“Sejumlah kegiatan lain juga sudah digelar, kami apresiasi kepada rekan-rekan jurnalis yang tergabung di organisasi AJS karena sudah memeriahkan HUT Bhayangkara ke-73 dengan memberikan sumbangsih konsep kegiatan karya tulis melenial,” kata Puji.

Dia berharap, semangat karya tulis milenial tersebut dapat memberikan edukasi terhadap generasi muda untuk berkarya sebagai penerus bangsa. Untuk itu, pihaknya memilih menggandeng jurnalis untuk dapat sosialisasi penyebaran informasi ke masyarakat karena cara ini dinilai efektif.

“Apalagi melihat jumlah pesertanya sangat luar biasa meski kegiatan ini bertepatan dengan hari libur sekolah mereka tetap berkarya,” tutupnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor      : Arif

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.