Pamekasan, (Media Madura) – Petani garam di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mulai mempersiapkan lahan produksi garam, Karena cuaca terus normal.

Dikatakan oleh Kasi Pengelolaan dan Pengembangan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan, Muzanni, seperti para petani di Kecamatan Galis, Pademawu dan Tlanakan telah mempersiapkan lahannya, targetnya panen garam pertama diperkirakan bisa dilakukan di akhir bulan Juni.

“Asal cuaca tetap normal dan tidak hujan, petani garam akhir Juni petani sudah panen,” katanya, Senin (27/5/2019) pagi.

Muzanni menambahkan, dengan bagusnya cuaca maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, menargetkan produksi garam rakyat di tahun 2019 mencapai 114 ribu ton.

Target tersebut memang hanya mengalami sedikit kenaikan dibandingkan tahun lalu, karena sebagian petambak garam sudah ada yang menggunakan geomembran.

“Kami pasang target 114 ribu ton, estimasinya setiap 1 hektare lahan garam mampu memproduksi hingga 125 ton selama satu tahun,” tambahnya.

Total lahan di tiga kecamatan itu sebesar 913,5 hektare. “Tapi tergantung cuaca juga, kalau selama enam bulan normal maka produksi garam kita bisa lampaui target,” pungkas Mizanni.

Reporter : Ahmad Rifqi
Editor : Arf

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.