Pesawat Komersil di Bandara Trunojoyo Sumenep

Sumenep, (Media Madura) – Gara-gara jumlah penumpang setiap harinya terus berkurang, penerbangan di Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur sempat beberapa kali dibatalkan. 

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triantono menuturkan, pada Senin dan Selasa kemarin penerbangan dicancel lantaran penumpang tak mencapai target minimal.

“Pesawat Wings Air baru mengudara kembali pada Rabu (8/5/2019) kemarin, jurusan Sumenep-Surabaya dan sebaliknya,” ungkapnya, Kamis (9/5/2019).

Meski melayani penerbangan pada Rabu kemarin, pesawat berkapasitas 72 penumpang itu hanya membawa sekitar 25 orang, baik ke Surabya atau sebalikya.

“Kalau hanya 5 orang tidak bisa pesawat dipaksa untuk terbang. Karena apabila terbang hanya membawa 5 orang tersebut, maka akan mengalami kerugian,” terangnya.

Oleh karena itu, pada awal Ramadan ini, pihaknya mengaku nyaris tidak ada persiapan menghadapi arus mudik lebaran. Karena faktanya minat penumpang bukan semakin meningkat, malah semakin sedikit.

“Apanya yang mau disiapkan. Sejak tiga bulan ini malah penumpang semakin sedikit,” beber pria asal Surabaya.

Sementara menurut Indra, faktor menurunnya minat masyarakat menggunakan jalur udara, salah satunya disebabkan bagasi berbayar. 

“Masyarakat Sumenep khususnya ingin bagasi gratis. Sehingga tidak ada tambahan dalam penerbangan. Tapi kalau terlalu murah juga, maka bisa mengurasi keselamatan para penumpang,” jelasnya. 

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.