Foto: IG Potret Madura

Sumenep, (Media Madura) – Bulan Ramadan selalu identik dengan kegiatan ngabuburit. Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang asal katanya dari burit. Dalam bahasa Sunda burit artinya ‘sore’.

Ngabuburit dapat diartikan sebagai menunggu sore. Dalam bahasa Sunda awalan nge dan suku kata bu berarti melakukannya berulang kali. Sehingga dapat diartikan ngabuburit sebagai kebiasaan menunggu sore.

Ngabuburit telah lama menjadi kebiasaan masyarakat di Jawa Barat. Dahulu kala para ibu-ibu akan keluar rumah selepas Asar bertandang ke rumah tetangga sambil menganyam dan bersenda gurau.

Sedangkan anak-anaknya akan bermain keluar rumah menyisir alun-alun hingga matahari terbenam. Kegiatan tersebut dilakukan sambil menunggu bapak mereka pulang dari ladang.

Kebiasaan tersebut masih terbawa dan berlaku saat bulan Ramadan. Tidak hanya masyarakat Jawa Barat, tetapi hampir setiap orang Indonesia melakukannya termasuk di Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Terlebih ngabuburit menjadi hiburan bagi anak-anak yang baru belajar puasa untuk menunggu iftar. Saat ini ngabuburit menjadi istilah yang umum di kalangan umat muslim di Indonesia. Seakan puasa tanpa ngbuburit terasa hampa.

Nah, bagi anda yang tinggal di daerah Kabupaten Sumenep atau kebetulan tengah singgah di Madura ujung timur, berikut tiga tempat yang paling rekomended buat anda jadikan destinasi menunggu sore alias ngabuburit :

1. Taman Bunga

Rekomendasi pertama jika anda ingin menghabiskan waktu menunggu adzan Maghrib tiba, datanglah ke Taman Bunga (TB). Di sana cocok sekali buat tempat santai namun tak membosankan.

Taman yang asri dengan pemadangan hijau dipadu dengan spot selfi menarik, akan sangat membantu melupakan rasa lapar dan dahaga yang mungkin tengah anda rasakan karena berpuasa.

Apalagi misalnya anda gemar sekali berfoto selfi, maka TB bisa menjadi pilihan utama anda. Lokasinya sudah pada tahu kan?  Ya, lokasinya tepat di jantung kota Sumenep atau bersebelahan dengan Masjid Jamik Sumenep.

2. Taman Tajamara

Sebagian orang mungkin masih asing dengan tempat yang satu ini. Ya, Taman Tajamara memang baru diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep sebagai taman baru dan berlokasi di eks terminal lama di Desa Kolor, Sumenep.

Nah, taman yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 4 miliar itu rasanya sangat pas untuk juga dipilih jadi tempat ngabuburit anda. Taman indah dengan hiasan bunga dan tempat santai yang nyaman adalah nilai tawarnya, buat berswafoto juga sangat bagus.

3. Talangan atau Lingkar Timur

Tempat selanjutnya yang haram diabaikan bagi anda yang ingin ngabuburit di kota Sumenep adalah jalan Lingkar Timur atau lebih dikenal dengan istilah Talangan.

Di sana, tidak hanya cocok buat tempat ngabuburit anda bersama keluarga tapi juga sangat pas buat anda yang sekaligus ingin buka bareng (bukber). Sebab, di jalan ‘tol’nya Sumenep itu berjejer warung-warung ikan bakar.

Biasanya tempat itu selalu ramai saat sore. Tidak hanya saat ramadan, jalan sepanjang kira-kira 2 kilometer juga kerap jadi pilihan warga untuk bersantai sore, sambil foto-foto dan tentunya sambil menikmati sajian ikar bakar yang ditawar pedagang di sana.

Itulah beberapa tempat yang paling rekomended, tentu masih banyak objek-objek lain di Sumenep yang tidak kalah nyaman jadi tujuan ngabuburit anda.

Reporter: Rosy

Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.