Ilustrasi Surat Suara

Pamekasan, (Media Madura) – Surat suara (SS) antara daerah pemilihan (Dapil) 5 dengan Dapil 3 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 004, 005 dan 006 Desa Lancar, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur tertukar. Akibanya, pemungutan suara molor.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 005, Agus Salim mengatakan, penyebab tertukarnya SS karena logistik pengganti dari KPU baru sampai sekitar pukul 14.00 WIB. Seharusnya, di jam itu sudah proses penghitungan.

“Akibatnya molor, artinya seharusnya sudah menghitung surat suara ternyata masih pencoblosan berlangsung,” katanya, Rabu (17/4/2019).

Namun diklaim, pelaksanaan di bawah tetap berjalan dengan lancar, meski beberapa warga kecewa dan harus kembali lagi untuk menyalurkan hak pilihnya untuk memilih anggota DPRD Kabupaten Pamekasan periode 2019-2024.

“Alhamdulillah warga masih balik lagi, antusiasnya bagus,” tambahnya.

Ketua KPU Pamekasan, Moh Hamzah, tertukarnya SS itu dikarenakan kelalaian petugas saat menaikkan ke armada pengangkut logistik.

“Sudah diganti dan pencobolasan bisa dilanjut,” katanya.

Hamzah menepis ada SS yang tertukar 100 persen. Hamzah menyatakan, yang tertukar hanya sekitar 60 lembar SS, padahal di lapangan ada satu TPS yang tertukar 100 persen.

“Hanya puluhan yang tertukar tapi sudah diatasi,” tambahnya.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.