Ilustrasi

Sampang, (Media Madura) – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mengungkapkan hingga saat ini masih ada 195 dari total 482 jamaah calon haji (CHJ) belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Pelunasan biaya haji sejak 19 Maret sampai 15 April 2019.

“Sampai tanggal 5 April kemarin masih 195 JCH belum melunasi biaya haji,” kata Kasi Penyelenggara Haji Kemenag Sampang Fathurrahman, Minggu (7/4/2019).

Dirinya menuturkan, JCH yang belum melunasi biaya haji disarankan agar secepatnya melunasi ke Bank yang sudah ditentukan sebelum melewati batas waktu. Jika tidak melunasi, secara otomatis nama JCH akan masuk waiting list untuk haji tahun depan.

Fathurrahman mengatakan, ada beberapa alasan para calon jamaah belum melunasi biaya haji. Banyak kemungkinan, mereka akan membayar pelunasan saat detik-detik terakhir.

“Biasanya seperti tahun lalu banyak yang melunasi saat mendekati hari penutupan, alasan mereka (belum melunasi) bervariatif,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, JCH sebelum melunasi BPIH, wajib memeriksakan kesehatan. Hal ini dilakukan untuk menentukan apakah dari sisi kesehatan dan kesiapan layak naik haji atau sebaliknya.

“Sehat atau tidak, itu bisa diketahui saat tes kesehatan, sampai sekarang masih ada dua orang yang belum memeriksa kesehatan karena yang bersangkutan ada diluar negeri,” tutupnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.