Sumenep, (Media Madura) – Gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sejak Selasa (2/4/2019) mengakibatkan puluhan bangunan di Kecamatan Raas mengalami kerusakan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, R. Rahman Riadi menerangkan, sesuai invetarisir yang pihaknya lakukan, total kerusakan sebanyak 60 bangunan. 

“Masing-masing, sebanyak 52 rumah warga dan 8 sarana ibadah dan bangunan sekolah. Kemudian satu orang siswa mengalami luka,” katanya, Kamis (4/4/2019).

Bangunan yang rusak tersebut, sambung Rahman, rata-rata rusak ringan dan sedang. Untuk segala kerusakan itu pihaknya sudah koordinasi dengan pemerintah provinsi untuk membantu para korban gempa bumi.

“Kami akan memberikan bantuan sembako kepada para korban. Rencana hari ini akan dikirim,” tandasnya.

Sebagainana keterangan Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, musibah gempa bumi di Sumenep kali yang pertama berkekuatan 5,0 SR yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 4,9 SR.

Setelah itu, terjadi gempa susulan dengan beragam kekuatan guncangan. Keempat kali atau terakhir kalinya terjadi pada Rabu (3/4/2019) sore yang diperkirakan berkekuatan 4,5 SR. 

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.