Ilustrasi

Pamekasan, (Media Madura) – Pada tahun 2019, sebanyak 810 Jamaah Calon Haji (JcH) asal Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akan berangkat ke tanah suci Makkah.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Afandi. Menurutnya, jumlah sebanyak itu bisa saja berkurang, baik karena gagal tidak melunasi biaya haji atau menunda keberangkatannya, karena sakit atau alasan lainnya.

“Kuota haji untuk tahun 2019 sebanyak 810 orang, kalau bertambah tidak mungkin tapi kalau berkurang bisa, dari 810 ini kita tunggu proses pelunasan,” terangnya, Senin (18/3/2019).

Mantan Kasi Haji dan Umrah Kemenag Pamekasan itu menambahkan, dari 810 CJH yang telah terdaftar itu, satu orang di antaranya dikabarkan meninggal dunia. Almarhum tergabung dalam Kelompok Bimbingan Jemaah Ibadah Haji (KBIH) Al Mabrur.

“Tapi JCH yang meninggal tersebut bisa diganti oleh keluarga yang lain, dengan melimpahkan paspornya ke keluarga, anak, menantu atau ahli waris lainnya, tergantung siapa yang ditunjuk,” tandasnya.

Adapun pelunasan biaya haji tahap pertama dimulai tanggal 19 Maret sampai 10 April 2019. Sementara pelunasan tahap kedua dimulai tanggal 5 April sampai awal bulan Mei 2019.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.