Pamekasan, (Media Madura) – Ratusan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur sampai saat ini belum memiliki perpustakaan.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan, Rusdiyadi mengatakan, Dari 416 SDN yang ada, tercatat ada 119 SDN yang belum mempunyai fasilitas baca tersebut.

“Ada sekitar 119 SD yang sampai sekarang belum memiliki perpustakaan,” katanya, Senin (28/1/2019).

Pada tahun 2019 tambah Rusdiyadi, tidak ada anggaran untuk pembangunan gedung perpustakaan baru. Hanya saja, ada anggaran renovasi untuk 28 unit bangunan yang perlu diperbaiki.

“Kami akan berupaya untuk membangun perpus di semua SD, karena fasilitas itu sangat penting untuk meningkatkan minat baca siswa,” tanbahnya.

Untuk membangun perpustakaan bisa menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS) termasuk pembelian pengayaan bahan bacaan bagi siswa, saat ini menjadi kewenangan SD yang bersangkutan.Oleh karena itu, sekolah harus memaksimalkan anggaran tersebut guna meningkatkan kecerdasan murid.

“SD yang sudah punya perpustakaan kami harap dimanfaatkan dengan maksimal, jangan hanya dibangun kemudian minat baca murid tidak ada peningkatan,” pungkas Rusdiyadi.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor : Ist

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.