Ilustrasi Surat Suara

Pamekasan, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan menyatakan jumlah peserta pemilih disabilitas meningkat menjadi 1.595 orang.

Jumlah pemilih disabilitas saat ini 0,022 persen dari total jumlah pemilih untuk Pemilu 2019 mendatang.

“Dari total 706.619 Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil pleno terakhir pada Desember 2018 lalu, tercatat sebanyak 1.595 orang merupakan pemilih disabilitas,” jelas Komisioner KPU Pamekasan, Mohammad Subhan, Selasa (22/1/2019).

Menurutnya, jumlah tersebut meliputi pemilih disabilitas dari lima kategori berbeda. Yakni tunadaksa, tunanetra, tunarungu, tunagrahita dan lainnya.

“Total keseluruhan untuk disabilitas sebanyak 1.595 orang, meliputi 294 tunadaksa, 216 tunanetra, 229 tunarungu, 104 tuna grahita dan lainnya sebanyak 752 pemilih,” urai Subhan.

Pihaknya pun memastikan bahwa jumlah tersebut sudah final berdasarkan hasil pleno Daftar Pemilihan Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap tiga.

Namun, kata Subhan, jika ada intruksi perbaikan kembali dari KPU pusat, maka jumlah tersebut bisa berubah. Mengingat beberapa waktu lalu, ada laporan temuan data ganda oleh salah satu partai politik ke Bawaslu provinsi.

“Jumlah tersebut sudah final sesuai prosedur. Terkecuali nanti ada instruksi untuk proses perbaikan kembali, kita belum tahu,” pungkasnya.

Reporter: Zubaidi
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.