Jonathan Judianto memimpin rapat pemanggilan seluruh camat dalam mendukung proses validasi data menjelang pelaksanaan PSU, Rabu (26/9/2018) pukul 14.00 WIB. (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Penjabat (Pj) Bupati Sampang, Jonathan Judianto memerintahkan seluruh camat mensukseskan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Sampang yang akan digelar 27 Oktober mendatang. Hal itu disampaikan Jonathan dalam agenda rapat pemanggilan seluruh camat di aula kantor Pemkab Sampang, Rabu (26/9/2018) siang.

“Camat ini organ dari pemerintah daerah dan punya kewajiban ikut serta mensukseskan PSU Pilkada Sampang, caranya bagaimana yaitu komunikasi dengan baik melalui PPK hingga tingkatan kepala desa,” ungkapnya.

Jonathan menegaskan, pelaksanaan PSU Sampang harus berhasil, tentu dengan dukungan penuh dari camat maupun steakholder terkait. Mana kala panitia penyelenggara membutuhkan fasilitas, pemerintah desa harus mensupport sepenuhnya dalam menjungjung keberhasilan PSU. Misalnya, membutuhkan ruang rapat hasil validasi data yang saat ini tengah berlangsung.

“PSU ini harus berhasil, tidak ada kata tidak berhasil, harus berhasil, kunci keberhasilan PSU itu DPT yang harus tervalidasi dengan benar dan baik,” tegas Jonathan.

Tak hanya itu, dirinya meminta camat, lurah, maupun kepala desa untuk bersama-sama mengawasi dan mencermati proses validasi data pemilih. Camat diminta segera melaporkan jika panitia penyelenggara ditemukan tidak bekerja maksimal.

“Apakah PPS bekerja bener apa enggak, karena kuncinya disitu, kebenaran dan validitas dan logisnya sesuai amar putusan MK, kami bukan hanya siap soal anggaran tapi sepenuhnya mendukung pelaksanaan ini,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya bukan ingin mencampuri kewenangan KPU, melainkan untuk membantu proses pelaksanaan ditingkat bawah yang aman dan benar melakukan validasi.

“Ini memang ranah KPU soal DPT, bukan kewenangan kita, Engineering Data ada di KPU, proses validasi bukan di pemerintah daerah, ini yang harus dipahami oleh masyarakat,” pungkasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.