Pamekasan, (Media Madura) – Ratusan relawan dari berbagai institusi, baik pemerintah maupun organisasi masyarakat menggelar aksi sosial dalam rangka memperingati hari bersih sampah se dunia atau World Clean up Day (WCD), dan di Madura dipusatkan di pantai Talang Siring, Desa Montok, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Sabtu (15/09/2018) pagi.

Ratusan relawan dari instansi pemerintah terlibat dalam aksi sosial ini, mulai tingkat desa, camat, TNI, Polri, Dinas Lingkungan hidup, Dinas Pendidikan, siswa dari berbagai sekolah serta sejumlah relawan dari berbagai wilayah di Madura.

Yang menarik, ada istri Bupati Sumenep
Nur Fitriah Busyro yang terlibat dalam aksi sosial tersebut. Ia berbaur bersama relawan lainnya memungut sampah di sepanjang pantai wisata ini.

Ditemui mediamadura.com, Nur Fitriah Busyro menuturkan, keterlibatannya dalam gerakan sosial tersebut karena kepeduliannya terhadap kebersihan lingkungan di Madura.

Apalagi, kata wanita cantik yang pada Pileg 2019 maju sebagai calon anggota DPRD Jatim dari PKB Dapil Madura ini, dunia khusunya Indonesia sedang darurat sampah terutama sampah plastik.

“Saya berharap kegiatan ini bisa menyadarkan masyarakat tentang pentingnya mengurangi sampah plastik serta selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama pantai,” tegasnya.

Panitia pelaksana kegiatan ini, Yoyonk menuturkan, para relawan dan peserta kegiatan sosial ini berhasil menyisir dan mengumpulkan sampah yang tersebar di sepanjang pantai Talang Saring ini.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar dan relawan membuat pantai Talang Siring menjadi bersih,” kata pria asal Bangkalan ini.

Sementara panitia lainnya, Nurrahman Akhirullah mengatakan, acara tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan dunia bebas sampah.

“Pamekasan ini sebagai titiknya. Karena, kita berharap dengan adanya kegiatan ini kami bisa menghilangkan stigma bahwa orang Madura suka nyanpah dan tidak perduli sama lingkungan,” terangnya.

Reporter : Zubaidi
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.