Pawai obor perayaan 1 Muharram 1440 Hijriah

Sumenep, (Media Madura) – Puluhan santri di Lembaga Pendidikan Pesantren Nurul Ulum, Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar acara perayaan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 Hijriah.

Perayaan diawali dengan menggelar istighosah dan doa bersama yang dipusatkan di masjid pesantren tersebut. Tidak hanya santri, masyarakat setempat juga ikut dalam acara istighosah yang rutin digelar setiap tahun itu.

“Bersama masyarakat dan santri, kami mengawali penyambutan 1 Muharram dengan salat Maghrib berjamaah, lalu istigosah serta membaca doa akhir tahun dan awal tahun,” tutur salah satu pengasuh LPP Nurul Ulum, K Dahlawi, Senin (10/9/2018) malam.

Usia salat Isya berjamaah, sambung Dahlawi, santri dan warga melanjutkan kegiatan dengan melakukan pawai obor bersama, sebelum kemudian dipungkasi dengan acara malam inagurasi.

“Dalam kegiatan ini, santri tidak hanya sekedar pawai obor, lebih dari itu kami mengawal mereka dengan lantunan salawat. Jadi, selama di perjalanan, kami lumayan berisik, karena kita hendak kampanyekan perayaan tahun baru Islam dengan cara yang elegan,” tambahnya.

Dahlawi mengatakan, pihaknya merasa miris dengan kondisi kaum milenial saat ini, yang nampak lebih cenderung terhadap peringatan tahun baru masehi, hari Valentine dan hari-hari yang tidak berkaitan dengan Islam.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, kami ingin menanamkan nilai-nilai keislaman kepada para santri. Sehingga mereka tidak terjebak pada zaman saat ini yang makin menjauhkan dengan tradisi Islam,” paparnya.

Dari pantauan mediamadura.com, rangkaian kegiatan penyambutan 1 Muharram ini berlangsung meriah dan mengundang antusiasme warga.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.