Warga antusias mengikuti JJS Enggrang di Areal Taman Bunga Sumenep

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kembali bikin even unik dan menarik. Kali ini, Pemkab menggelar Jalan Jalan Santai (JJS) Egrang (Madura: tenjhak), Minggu (2/9/2018) pagi.

JJS Egrang yang merupakan rangakaian Sumenep Visit Year 2018 digelar di area jalan Taman Bunga (TB). Ribuan Peserta terdiri dari berbagai elemen masyarakat meriah dengan pakaian unik khas Madura.

Dalam sambutannya, Bupati Sumenep, A Busyro Karim mengatakan, gelaran JJS Egrang atau Tenjhak dalam rangka melestarikan tradisi dan budaya yang kian hari kian tergerus oleh perubahan zaman.

“Karena hanya sedikit anak muda yang mengenal tradisi ini. Makanya pemerintah kembali mengingatkan pada generasi akan tradisi ini, supaya kedepan tidak punah,” katanya.

Busyro juga mengungkapkan, jika JJS Egrang ini tidak hanya sebatas melestarikan tradisi, tapi juga bagian dari menyatukan langkah pembangunan Sumenep kedepan dengan cara kebersamaan dan kekompakan.

“Tentu ini juga bagian dari menyatukan langkah dalam membangun Kabupaten Sumenep tercinta ini, diantaranya ya diawali dengan kebersamaan dan kekompakan diantara kita,” terangnya.

Disamping itu, Politisi PKB ini berharap tradisi itu juga bisa dijadikan bagian dari cara memperkuat ekonomi masyarakat. Sebab, egrang ini terbuat dari bambu, tentunya perlu bahan baku yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Lebih jauh lagi, kami harap gelaran tradisi ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Entah itu bahan baku yang digunakan atau saat even ini digelar, dimana ditengah-tengah kita ekonomi kerakyatan itu hidup,” ujarnya.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.