Komisioner KPU Sumenep, Malik Mustofa

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura,Jawa Timur telah menerima pendaftar Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Pileg 2019 dari 16 partai politik di Sumenep, Selasa (17/7/2018).

Namun, tidak semua parpol melengkapi kuota bacaleg setiap dapil yang sudah ditentukan KPU, diantaranya adalah Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) yang hanya mengajukan bacalegnya di daerah pemilihan (Dapil) l saja.

“Itu pun bacaleg di dapil satu yang diajukan itu tidak sesuai kuota maksimal, hanya ada berapa persen saja. Sedangkan di dapil lainnya sama sekali tidak ada bacaleg yang diajukan,” ujar Komisioner KPU Sumenep, Malik Mustofa, Kamis (19/7/2018).

Malik mengungkapkan, selain Partai Garuda, Partai Berkarya juga tidak mengisi bacaleg sesuai kuota, Berkarya hanya mendaftarkan bacalegnya di dua daerah pemilihan. Tetapi, dua parpol tersebut tetap bisa ikut pemilu, yakni dimana parpol itu memiliki bacalegnya.

“Selain dua partai tersebut, semuanya mengusulkan bacalegnya di semua dapil meski ada parpol yang tidak mengisi bacalegnya secara maksimal,” terangnya.

Menurut Malik, setelah tahapan pendaftaran bacaleg selesai, KPU akan melakukan verifikasi keabsahan berkas bacaleg yang diajukan dan dilanjutkan dengan menyampaikan hasil verifikasi keabsahan berkas ke masing-masing parpol.

“Tapi sepertinya sampai saat ini belum ada berkas yang mencurigakan dan harus ditindaklanjuti. Jadi, jika memang tidak ada kendala, tahapan pemeriksaan berkas akan selesai tepat waktu, tinggal kami menyampaikan saja hasilnya ke parpol pemdaftar,” tukasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.