Salah satu saksi paslon Pilkada Sampang memberikan tanggapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten dalam Pilkada Sampang 2018 di Gedung BPU, Kamis (5/7/2018). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Syamsul Muarif mengatakan, tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2018 tercatat sebanyak 85 persen. Bahkan, tingkat partisipasi pemilih tersebut tertinggi di Jawa Timur. Senin (9/6/2018).

“Tingkat partisipasi pemilih di Sampang tertinggi di Jawa Timur,” kata Syamsul.

Dijelaskannya, tingkat partisipasi pemilih tersebut dengan jumlah DPT sebanyak 803.499 orang dan jumlah 1.450 TPS dalam Pilkada serentak 2018. Jumlah itu diketahui setelah rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten.

Syamsul menjelaskan, angka partisipasi pemilih di Sampang melampaui dari target KPU RI yakni 77,5 persen. Tingkat partisipasi pemilih Pilkada 2018 mencapai 85 persen itu lebih baik dibandingkan Pilkada 2012 lalu hanya 78,5 persen.

“Kalau dulu tahun 2007 angka partisipasi pemilih mencapai 74,8 persen, berarti tugas KPU melakukan sosialisasi dan pemahaman tentang politik kepada masyarakat bisa dikatakan berhasil,” ujarnya.

Menurut Syamsul, tingginya tingkat kehadiran masyarakat pada Pilkada 2018 ini tak lepas dari dukungan semua pihak saat tahapan maupun penyelenggaraan pemilu di Sampang.

“Ini berkat dukungan semua pihak, terutama para paslon, partai dan masyarakat, bukan hanya dari KPU yang melakukan sosialisasi, termasuk atas bantuan rekan-rekan wartawan,” pungkasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.