Ketua KPU Sumenep, A Warits

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur punya cara cerdas untuk meminimalisir kecurangan Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

Ya, KPU Sumenep secara khusus mengintruksikan agar rekapitulasi suara di tingkat Kecamatan disiarkan secar langsung atau melalui media sosial (Medsos).

“Ya, kami intrusikan PPK live di medsos saat rekapitusalasi suara perlu, supaya masyarakat luas ikut serta memantau rekapitulasi memalui medsos,” kata Ketua KPU Sumenep, Abd Waris, Selasa (26/6/2018).

Tetapi intruksi live saat rekapitulasi, sambung Waris, disesuaikan dengan kondisi di lokasi PPK. Apabila sinyal tidak mendukung, seperti di wilayah kepulauan, maka PPK diminta melakukan perekaman video off line.

“Kemudian video tersebut diupload ke medsos untuk diketahui masyarakat secara terbuka,” terangnya.

Lebih lanjut Warits menegaskan, pihaknya tidak ingin ada suara raykat yang hilang saat Pilgub besok, untuk itu pihaknya berusaha keras agar pemilihan berjalan jujur dan adil.

“Jangankan satu suara, separuh suara sekalipun tidak boleh hilang atau swngaja dihilangkan, karena itu amanah rakyat tentang siapa yang dipikih sebagai pemimpin,” tegasnya.

Menurut Warits, tidak hanya ditingkat PPK saja yang pihaknya himbau dilakukan live medsoa saat rekapitulasi suara, apabila memungkinkan pihaknya juga memint tingkat KPPS melakukan live atau melakukan perekaman video. 

“Kami mengharap agar para penyelenggara ini profesional, jujur dan adil dalam Pilgub ini, dan bagi warga masyarakat, silahkan awasi dan dokumentasikan setiap tahapan pemilihan dari sejak TPS hingga KPU Kabupaten,” harapnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.