Pamekasan, (Media Madura) – Destinasi wisata religi di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur yakni Pasarean Joko Tarub, sepi pengunjung meski saat ini masih suasana Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Pasarean Joko Tarub, terletak di Dusun Pacanan, Desa Montok, Kecamatan Larangan, pantauan Media Madura (mediamadura.com) di pasarean itu tampak lengang karena sedikitnya pengunjung.

“Akhir-akhir ini memang agak sepi, mungkin lagi lebaran ketupat atau silaturrahmi ke sanak famili,” kata penjaga makam tersebut sambil sibuk menerima tamu, Jumat (22/6/2018).

Ia menambahkan, biasanya banyaknya para pengunjung datang dari luar Madura, seperti Banyuwangi, Jember, Probolinggo, Surabaya dan beberapa daerah lainnya di Jawa Timur yang berziarah ke makam ini.

“Setelah lebaran pasti banyak yang datang kesini, biasanya yang dari luar Madura, pakek bus kadang sampai 10,” tambahnya.

Sementara di tempat lain, di peribadatan Vihara Avaloketisvara, Dusun Candi, Desa Polagan, Kecamatan Galis juga terlihat sepi, tempat yang biasa dijadikan obyek foto oleh muda-mudi itu terlihat tertutup untuk umum.

“Sekarang tutup mas ada kegiatan ibadah, dari tadi ada yang kesini mau foto-foto katanya,” kata Novem (25) salah satu penjaganya.

Para muda-mudi lebih memilih berwisata ke tempat yang lebih umum seperti pantai, bukit dan pegunungan. Seperti di wisata Pantai Talang Siring, Desa Montok, misalnya, para wisatawan lokal memadatinya pasalnya hari ada hiburan live musik dangdut dari pagi hingga siang hari.

Reporter : Rifqi
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.