Sekretaris PCNU Sampang Mahrus Zamroni.

Sampang, (Media Madura) – Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Sampang, Madura, Jawa Timur, memprediksi lebaran idul fitri 1439 Hijriah akan jatuh pada Jumat 15 Juni 2018. Hal itu disampaikan Sekretaris PCNU Sampang, Mahrus Zamroni.

Prediksi ini berdasarkan dari hasil perhitungan hisab di Lembaga Falakiyah (LF) NU, serta tinggi hilal saat melakukan rukyatul hilal untuk menentukan awal puasa pada 29 Mei 2018 sudah mencapai 7 drajat, maka atas dasar itu hilal sangat dimungkinkan bisa dilihat pada Kamis 14 Juni 2018.

“Pastikan lebaran idul fitri 1439 Hijriah pada Jum’at 15 Juni 2018, karena yang pertama perhitungan hisab di lembaga Falakiyah NU kita, dan berdasar pada tinggi hilal saat melakukan rukyat di Taddan Sampang di tanggal 29 itu sudah 7 drajat, dan 7 drajat itu sangat jelas sekali dilihat, walaupun di Sampang lagi mendung kemungkinan besar, di tempat lain diwilayah Indonesia, dan di NU Imaknurru’yah ketinggian hilal yang memungkinkan untuk dilihat standartnya 2 derajat, apalagi 7 drajat. Maka dari itu hilal sangat dimungkinkan sekali bisa di lihat pada hari Kamis dan kemungkinan besar kita dari kawan ulama Pemerintah dan Muhammadiyah akan melaksanakan hari raya pada hari Jum’at,” jelasnya, Kamis (14/6/2018).

Menurutnya, pihaknya tetap akan melakukan rukyatul hilal pada Kamis sore bersama Kementrian Agama Sampang (Kemenag), dan hasilnya akan di serahkan kepada Kementrian agama Republik Indonesia. Dikatakan Sekretaris PCNU yang juga salah satu kiai pesantren di Sampang ini, meski sudah yakin lebaran akan jatuh pada Jum’at 15 Juni 2018, namun pihaknya berkomitmen menunggu keputusan Pemerintah melalui Kementerian Agama sebagai lembaga yang diberi kewenangan untuk menetapkan 1 Syawal 1439 H.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.