Tim lembaga falakiyah PCNU Sampang saat Rukyatul Hilal di areal pelabuhan Desa Taddan Kecamatan Camplong, Selasa (15/5/2018) pukul 16.00 WIB. (Ryan Hariyanto/MM).

Pamekasan, (Media Madura) – Sedikitnya ada 5 lokasi di Madura, Jawa Timur yang akan dijadikan tempat pemantauan hilal atau rukyatul hilal untuk penetapan awal bulan Syawal 1439 hijriyah atau malam Idul Fitri 2018 masehi.

Disebutkan dalam laman kemenag.go.id. pemantauan hilal akan dilakukan di 97 titik se-Indonesia yang tersebar di 34 Provinsi. Rukyatul Hilal akan dilaksanakan Kamis, dimulai pada pukul 16.30 WIB (14/6/2018) sore secara serentak.

Di Madura, lokasinya meliputi, Pantai Gebang Kabupaten Bangkalan, Pantai Ambat Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, sedangkan di wilayah Sumenep, Pantai Sapo Desa Sergang, Kecamatan Batuputih, Pantai Kalisangka Kangean dan Pantai Paneros, Kecamatan Ambunten.

Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Syawal tersebut akan dimusyawarahkan oleh pihak Kementerian Agama (Kemenag) pada sidang itsbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Syawal 1439 H.

Reporter: Rifqi
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.