Bupati Sumenep menerima hasil audit dari BPK RI di Kantor BPK Jawa Timur.

Sumenep, (Media Madura) – Setelah 6 tahun hanya berkutat di predikat Wajar dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, opini keuangan Pemkab Sumenep akhirnya berubah positif.

Untuk pertama kalinya dalam tujuh terakhir, keuangan Pemkab meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). WTP diberikan atas hasil audit yang diterbitkan atas laporan keuangan, yang dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material.

Opini WTP atas audit keuangan Sumenep tahun 2017 dari BPK RI diterima langsung Bupati Sumenep A. Busyro Karim di Kantor BPK perwakilan Jawa Timur, Kamis (31/5/2018).

“Keberhasilan opini WTP itu adalah bentuk ikhtiar dan kerja keras Pemkab Sumenep dalam menciptakan pemerintahan yang akuntabel dan transparan,’ kata Bupati Sumenep, Jum’at (1/6/2018).

Bupati dua periode ini pun mengapresiasi kinerja komponen Pemkab, dan menyatakan jika prestasi tersebut adalah buah dari komitmen semua pihak dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel dan profesional.

“Diharapkan prestasi tersebut tidak membuat puas kalangan birokrasi Sumenep, karena mempertahankan prestasi tersebut jauh Iebih berat,” ungkapnya.

Istimewanya lagi, pada kesempatan yang sama, Bupati Sumenep jga dipercaya mewakili Bupati dan walikota di Jawa Timur, untuk memberikan review terhadap kinerja BPK selama ini, sekaligus berbagi pengalaman kesuksesan Sumenep meraih WTP.

Dalam catatan medua ini, sebelum meraih kualifikasi opini WTP, raihan opini WDP istiqomah diperoleh Sumenep sejak tahun 2011 lalu. Opini WDP diperoleh lantaran adanya catatan-catatan dari auditor atas laporan keuangan Pemkab.

Diantara catatan tersebut berkenaan dengan sistem pengelolaan keuangan daerah yang belum maksimal, Sehingga berdampak pada kebuntuan dalam administrasi. Bahkan pada tahun lalu, Pemkab harus mengembalikan kerugian negara hingga miliaran rupiah.

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.