Pamekasan – Komando Distrik Militer 0826/Pamekasan Mengelar Gladi Posko Tahun 2018, diAula Makodim Jalan Letnan Maksum Nomor 12 Kelurahan Lawangan Daya, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Acara ini akan berlangsung selama tiga hari mulai Senin hingga Kamis mendatang.

Tujuan Kegiatan latihan Posko merupakan kegiatan yang sudah terprogram, terutama dalam mengantisipasi terjadinya konflik komunal yang akan timbul akibat berlangsungnya Pilkada di Kabupaten Pamekasan 2018.

Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf Nuryanto, mengatakan bahwa kegiatan simulasi atau latihan ini merupakan barometer kesiapan personil Kodim beserta jajaran.

“Kami mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, yang bisa timbul dari pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil Pilkada Kabupaten Pamekasan ini,” kata Dandim Letkol Inf Nuryanto.

Ditegaskan, agar semua yang terkait dengan pengamanan Pilkada ini, untuk selalu mengawasi eskalasi perkembangan situasi politik, sehingga perlu diwaspadai timbulnya gejolak ditengah masyarakat yang diakibatkan oleh provokasi kelompok yang tidak bertanggung jawab, yang ikut berperan dalam Pemilu yang akan datang ini.

“Tugas pokok Kodim 0826 Pamekasan dengan perkuatannya memberikan bantuan perbuatan/back up kepada Polri, dalam rangka menanggulangi kemungkinan terjadinya kerusuhan massa dengan menguatkan pelaksanaan pemberdayaan potensi pertahanan di wilayah guna terciptanya kondisi wilayah yang aman, tentram dan kondusif, serta beralih ke operasi selanjutnya atas perintah,” terang Dandim

Secara khusus gladi posko dilakukan untuk meningkatkan hubungan komandan dan staf dalam merencanakan operasi bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam rangka Operasi Militer Selain Perang ( OMSP ).

Dengan kondisi Pamekasan yang mungkin rawan terhadap terjadinya konflik, gladi posko yang dilakukan ini tentunya sangat penting untuk meningkatkan kemampuan mulai dari komandan dan para staf untuk mampu melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi dan tugas jabatannya.

Dengan berpedoman pada pengalaman latihan serta berbekal pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki masing-masing personil di jajaran Kodim 0826 Pamekasan diharapkan pelaksanaan gladi posko mampu memantapkan tugas-tugas yang didapatkan dengan memiliki kemampuan yang memadai khususnya dalam menanggapi, menghadapi dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat. sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan atau gejolak sosial yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah.

“Kegiatan simulasi ini, tentunya akan menguji kesiapan personil dalam hal pengamanan dan koordinasi dengan Forkopimda Pamekasan untuk menciptakan Pilkada damai,” urainya.

Dalam simulasi tersebut, di ikuti 50 Peserta mulai dari Dandim, Kasdim beserta Jajaran Staf Kodim 0826 Pamekasan, yang memperagakan situasi dan jalannya pengamanan Pilkada Kabupaten Pamekasan.

Rilis

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.