Tenaga kerja melakukan pelipatan surat suara Pilkada Jatim dan Pilkada Sampang tahun 2018 di gedung Gor Indor Wijaya Kusuma Sampang. (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Sedikitnya 167 lembar surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sampang tidak dapat digunakan alias rusak untuk pencoblosan 27 Juni 2018 mendatang. Hal itu diketahui setelah proses pelipatan dan penyortiran yang dilakukan KPU Sampang.

“KPU Sampang menerima 1.648.214 lembar untuk Pilgub dan Pilbup, setelah penyortiran ada surat suara Pilkada Sampang yang rusak dan cacat sebanyak 167 lembar,” kata Divisi Logistik KPU Kabupaten Sampang Faidi Jauhari, Jumat (25/5/2018).

Faidi mengatakan, ratusan surat suara rusak itu terdiri dari surat suara yang robek sebanyak 33 lembar, surat suara berwarna buram sebanyak 50 lembar, dan surat suara cacat karena tidak sesuai ukuran sebanyak 84 lembar.

Selanjutnya untuk memenuhi kekurangan surat suara itu, pihaknya akan membuat berita acara
mengajukan permintaan kepada pihak percetakan yang ditunjuk KPU RI.

“Nanti untuk surat suara yang rusak ini akan dimusnahkan dengan disaksikan Panwaskab dan polisi,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, setelah penyortiran dan pelipatan surat suara Pilbup Sampang selesai, saat ini pihaknya mulai memproses penyortiran surat suara untuk Pilgub Jatim.

“Surat suara Pilgub Jatim masih dilakukan proses penghitungan dan pencermatan karena dikhawatirkan terdapat surat suara rusak yang terlewatkan,” pungkasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.