Pamekasan – Anggota Koramil 0826/05 Larangan Babinsa Desa Lancar Serda M. Fauzi melaksanakan komunikasi sosial bersama dengan petani ( Junaidi ), salah satu anggota Kelompok Tani Sekar Wangi pemilik bibit tembakau du Dusun Petang Dua Desa Lancar Kecamatan Larangan. Kamis ( 24/05/18 ) pagi.

Babinsa membantu mencabut bibit tembakau yang akan di jual kepada pembeli dengan harga Rp 20 rb perseribu batang bibit tembakau. Hasil penjualan dapat memenuhi kebutuhan pokok selama bulan ramadan.

Babinsa Lancar Serda M. Fausi mengemukakan bahwa sampai saat ini tanaman tembakau masih menjadi primadona petani yang ada di wilayah Pamekasan karena secara ekonomi tembakau lebih menguntungkan, sehingga para petani enggan untuk beralih ke komoditas tanaman lain.

Sementara itu anggota Poktan Sekar Wangi Junaidi, pemilik bibit tembakau yang berkualitas di Desa Lancar Kecamatan Laragan Pamekasan mengatakan, sampai saat ini belum ada komoditas lain yang keuntungannya menyamai tembakau.

“Menanam tembakau bukan hanya aktivitas budi daya. Tetapi juga budaya meski gagal panen atau rugi, pada musim selanjutnya kembali menanam tembakau,” lanjutnya

Kapten Inf Yainaro selaku Danramil 0826/05 Larangan dalam kesempatan tersebut mengatakan, tembakau dinilai memiliki peranan penting dalam pembangunan sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup di wilayah Madura

”Sampai saat ini tembakau masih menjadi komoditas pilihan di saat musim kemarau. Sebab, mempunyai nilai ekonomi tinggi dibanding dengan komoditas pertanian lainnya,” jelasnya.

Rilis

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.