Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Mohammad Hanif Dakiri

Pamekasan, (Media Madura) – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Mohammad Hanif Dakiri mengatakan, populasi anak muda di Indonesia saat ini terus mengalami pembengkakan dari waktu ke waktu dan puncaknya nanti pada tahun 2030.

“Saat ini, kita sedang menikmati yang namanya bonus demokrafi. Populasi anak muda di Indonesia terus berkembang dan puncaknya nanti di tahun 2030. Jumlahnya pun bisa mencapai 70 persen dari total penduduk Indonesia,” kata Hanif Dakiri di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE Pamekasan, Senin (21/5/2017) sore.

Hanif menambahkan, bila populasi pemuda yang terus berkembang ini nantinya bisa menjadi berkah serta bisa juga menjadi kutukan bagi Indonesia.

“Akan jadi berkah kalau anak muda-muda ini menjadi kreatif, inofatif, dan produktif. Namun, kalau anak muda ini sebaliknya maka nanti yang akan muncul masalah-masalah sosial seperti banyaknya pengangguran, kejahatan sosial dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Menurutnya, persoalan ini menjadi tantangan bagi pemerintah dan seluruh komponen masyarakat termasuk anak muda. Dia berharap, pembengkakan ini menjadi berkah bagi Indonesia, utamanya, di Bumi Gerbang Salam.

Maka dari itu, pihaknya mengajak kepada para orangtua, guru dan pemerintah agar terus melatih anak muda. Agar mereka bisa mempunyai keterampilan dan memperkuat karekternya sehingga bisa bersaing dengan pemuda-pemuda lainnya.

“Mulai hari ini anak-anak muda Pamekasan harus sudah kita dorong untuk diperkuat karakternya, baik karakter moral maupun karakter kinerjanya. Serta skilnya harus kita perkuat biar SDM anak-anak muda kita ini bisa dipertarungkan dengan SDM dari tempat-tempat lain,” pungkasnya.

Reporter: Zubaidi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.