KPU Kabupaten Pamekasan gelar debat publik tahap kedua di Hotel Odaita, Senin (7/5).

Pamekasan, (Media Madura) – Jika tidak ada perubahan, jumlah Masyarakat Miskin di Pamekasan, yang tidak terdata dalam penerima PBI sebanyak 52.970 orang. Sementara, total jumlah warga miskin di Pamekasan saat ini sebanyak 525.623 jiwa, dari jumlah penduduk 851.215 jiwa. Dari jumlah itu, sebanyak 463.543 tercatat sebagai PBI BPJS Kesehatan dari pemerintah pusat, dan sebanyak 9.110 orang lainnya dari dana APBD Pemkab Pamekasan. Data tersebut dikeluarkan oleh dinas sosial pemkab Pamekasan, tahun 2016 yang lalu.

Pasangan Bersama Badrut Tamam-Raja’i (Berbaur) berjanji, akan mengeluarkan Kartu Sehati. Kartu ini, akan diberikan kepada warga miskin Pamekasan, yang tidak tercover dalam penerima PBI.

Raja’i Calon Wakil Bupati Pamekasan dari pasangan Berbaur mengaku, sudah mengantongi data jumlah Masyarakat yang berhak mendapatkan kartu Jaminan kesehatan secara gratis. Namun, tidak tercover sebagai penerima mamfaat. Sehingga, melalui kartu sehati tersebut, diharapkan menjadi solosi, warga miskin Pamekasan, tetap bisa menikmati pelayanan kesehatan.

“Kami sudah turun kepada masyarakat, dan menerima keluhan tentang banyaknya masyarakat miskin, tidak ter-cover dalam PBI. Maka kartu sehati, menjadi solosinya,”ungkapnya.

Tidak hanya itu, Raja’i berjanji akan mendekatkan pelayanan kesehatan Masyarakat, dengan cara membangun dan meningkatkan infastruktur dan Fasilitas Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes). Termasuk, peningkatan kualitas tenaga kesehatan, melalui pelatihan dan penambahan kesejahteraan petugas medis.

Sebab selama ini, ada beberapa Puskesdes, dimana fasilitas dan infastruktur masih jauh dari harapan. Sehingga, perlu didorong agar infastruktur dan Fasilitas tersebut, dipenuhi. Dan pelayanan kesehatan masyarakat semakin baik.

Reporter : Afa
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.