Sumenep, (Media Madura) – Bintara baru atau Bintara remaja yang baru lulus dan ditempatkan di Mapolres Sumenep, Madura, Jawa Timur selalu disambut dengan cara unik. 

Seperti hari ini, Sabtu (7/4/2018), 13 orang polisi baru atau Bintara remaja yang rata-rata berasal dari Sumenep (putra daerah) dan selebihnya berasal dari Pamekasan mengikuti tradisi penyambutan.

Sebelum memasuki halaman mapolres, para polisi muda tersebut diminta berlari keliling kota terlebih dahulu, serta berenang menyusuri sungai, yang ada di depan mapolres setempat.

Selanjutnya, para Bintara remaja itu, memasuki halaman mapolres dengan cara rol dan guling. Setelah itu, Bintara muda yang baru lulus, melakukan Apel yang kemudian dilanjutkan dengan tradisi mandi kembang yang penyiramannya dilakukan langsung oleh Kapolres bersama Ibu Kapolres.

Menurut Kapolres Sumenep AKBP Fadhillah Zulkarnaen melalui Kabag Humas Polres Sumenep mengatakan, tujuan utamanya dari tradisi tersebut adalah untuk menempa mental dan fisik para Bintara Remaja yang baru berdinas / baru lulus dari pendidikan. 

“Dan giat ini dilakukan setiap ada Bintara remaja yang ditempatkan di Polres Sumenep,” kata AKP Abd. Mukit singkat, Sabtu (7/4/2018). 

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.