Pamekasan, (Media Madura) – Harga cabai rawit merah di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengalami penurunan, meski beberapa minggu terakhir harga kebutuhan dapur itu sempat melambung tinggi. Turunnya harga itu dikarenakan pasokan sudah kembali normal.

Salah satu pedagang di pasar 17 Agustus Pamekasan, Rohmah mengatakan, harga cabai rawit merah pada minggu sebelumya mencapai Rp 60 ribu per kilogram, sementara saat ini turun menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

“Cabai rawit merah sekarang Rp 40 ribu, kalau kemarin mencapai Rp 60 per kilogram,” katanya, Jumat (23/3/2018).

Ia menilai, sekalipun mengalami penurunan yang signifikan, namun harga itu masih tergolong mahal. Sebab jenis komoditas yang pedas ini sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. “Rp 40 ribu per kilogram masih termasuk mahal,” tambah Rohmah.

Turunnya harga cabai rawit ini karena memang pasokan mulai kembali stabil. Sebelumnya, harga cabai rawit merah melonjak karena pasokan menipis akibat cuaca yang buruk.

Sementara harga komoditas cabai lainnya seperti cabai rawit hijau, cabai merah keriting dan cabai merah besar masih tetap sama seperti sebelumnya.

“Ya, kalau untuk cabai merah keriting Rp 40 ribu. Cabai lainnya, seperti cabai rawit hijau dan cabai merah besar harganya sama, Rp 20 ribu,” ujar pedagang asal kecamatan Proppo itu.

Reporter: Rifqi
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan