Rapat pleno terbuka penetapan DPS Pilkada serentak 2018 dan DPP non e-KTP di aula hotel Camplong, Rabu (14/3/2018). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pilkada serentak 2018. Data itu hasil proses pemutakhiran dan rekapitulasi dari sejumlah kecamatan.

Ada dua hal yang ditetapkan dalam rapat pleno yang digelar di aula hotel Camplong, Rabu (14/3/2018). Pertama, penetapan rekapitulasi DPS Pilkada serentak berjumlah 839.436 pemilih. Kedua, penetapan rekapitulasi daftar pemilih potensial (DPP) non e-KTP berjumlah 25.611 pemilih.

Divisi Teknis Penyelenggara Komisioner KPU Kabupaten Sampang, Addy Imansyah mengatakan dari jumlah DPS 839.436 pemilih yang tersebar di 14 Kecamatan se-Kabupaten Sampang, terdiri dari pemilih laki-laki ada 414.928 pemilih dan perempuan 424.408 pemilih.

“Jumlah DPS ini sesuai dengan formulir model A.1.3-KWK,” kata Addy, Rabu (14/3/2018).

Selanjutnya, untuk jumlah DPP non e-KTP ada 25.611 pemilih terdiri dari pemilih laki-laki 12.422 pemilih dan perempuan 13.189 pemilih. Data ini sesuai formulir model A.C.3-KWK.

“Khusus untuk non e-KTP itu nanti akan kami cek berkoordinasi dengan Dispendukcapil apakah tercatat di database kependudukan atau tidak, kalau tercatat maka Dispendukcapil akan mengeluarkan surat keterangan, tetapi kalau Dispendukcapil tidak memberikan keterangan maka yang bersangkutan dicoret dari DPS,” ujarnya.

Kata Addy, jika masih ada pemilih yang tidak tercoklit dan belum masuk DPS, maka sesuai Peraturan KPU nomor 2 tahun 2017, mereka bisa memberikan hak pilihnya dengan menggunakan KTP elektronik dan dicatat oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam daftar pemilih tambahan.

“Karena DPS itu sudah diupload ke Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) dan akan menyampaikan kepada masyarakat untuk meminta tanggapan, untuk itu data tersebut masih bisa berubah,” tutupnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.