Presiden RI Joko Widodo (tengah), Gubernur Jati Soekarwo (kiri) dan Bupati Sumenep A Busyro Karim saat di Bandara Tronojoyo

Sumenep, (Media Madura) – Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, A Busyro Karim mengklaim sudah maksimal dalam memperhatikan kebutuhan warga Kepulauan. 

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, dirinya telah memprioritaskan anggaran untuk Kepulauan dengan perbandingan 40 persen Daratan dan 60 persen untuk Kepulauan. 

“Kepulauan kita selalu prioritaskan, tahun ini anggaran infrastruktur terbesar untuk Kepulauan, APBD tahun depan juga Kepulauan masih prioritas,” klaim Busyro. 

Namun kata orang nmor satu di Sumenep itu, APBD saja tidak cukup mengingat kebutuhan Kepulauan yang sangat komplek, mulai dari infrastruktur sampai ke masalah transportasi. 

“Oleh sebab itu, Kepulauan ini saya perjuangkan hingga ke bapak Presiden,  agar juga ada anggaran khusus untuk Kepulauan,” ungkapnya. 

Busyro Karim menceritakan, beberapa kali dirinya bertemu dengan Presiden Jokowi, dirinya selalu menyampaikan langsung soal Kepulauan yang juga membutuhkan perhatian APBN. 

“Ya, walaupun tidak hitam diatas putih, Pak Presiden meminta proposalnya dimasukkan, dan sudah saya sampaikan ke pak Menteri terkait,” tandasnya. 

Kabupaten Sumenep memang dikenal sebagai daerah dengan Kepulauan sangat banyak, yakni mencapai 126 pulau. Praktis, dengan jumlah pulau yang sangat banyak itu, ABPD Sumenep yang hanya sekitar Rp 2 triliun tidak mampu mengcover semua kebutuhan warga pulau.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.