Pamekasan – Danramil 0826/05 Larangan bersama Babinsa Desa Lancar Serda M. Fauzi dan PPL melaksanakan pendampingan pertanian pada kegiatan ubinan dan panen jagung jenis Pioner 35 di lahan Sunarto Anggota Poktan Sekar Wangi Desa Lancar Kecamatan Larangan, seluas 2 hektar.

Dalam meningkatkan swasembada pangan peran Babinsa sangatlah penting, kegiatan pengubinan dilakukan oleh jajaran Koramil 0826/05 Larangan bersama PPL, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam menerapkan teknologi peningkatan produksi jagung.

Dari hasil pengubinan tersebut kita dapat mengetahui bahwa mana kwalitas jagung yang baik dan yang kurang baik, sehingga kedepannya para petani bisa dapat lebih meningkatkan hasil panennya.

Jagung merupakan komoditi tanaman pangan, selain beras, yang merupakan salah satu pengganti makanan pokok selain padi di Kabupaten Pamekasan. Dalam rangka mendukung Swasembada Pangan maka diperlukan upaya untuk meningkatkan produksi Jagung di Kabupaten Pamekasan, khususnya di Kecamatan Larangan.

Kegiatan pendampingan yang dilakukan babinsa mulai dari kegiatan penyuluhan, saat bercocok tanam sampai panen, merupakan sebagai bentuk pendekatan emosional terhadap masyarakat binaannya dan untuk memperlancar kerjasama dengan para petani, yang bertujuan untuk mendukung program swasembada pangan yang ditargetkan oleh pemerintah.

“Peran Babinsa sangat diharapkan oleh masyarakat khususnya para petani, apabila Babinsa rajin turun ke sawah bersama petani dan melakukan pengawasan pengecekan serta pendampingan, itu akan sangat berpengaruh sekali terhadap moril petani, sehingga keluhkesah poktan bisa disampaikan kepada Babinsa dan PPL yang ada di Kecamatan Larangan,” jelas Danramil Kapten Inf Yainaroh.

Rilis

Tinggalkan Balasan