Komisi III DPR RI Kunjungi Kediaman Budi di Sampang

Advertisement

Sampang, (Media Madura) – Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan, mengunjungi kediaman almarhum Ahmad Budi Cahyanto, guru seni rupa SMA Negeri 1 Torjun, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, yang meninggal dunia akibat dianiaya muridnya sendiri.

Wakil rakyat itu menyambangi rumah almarhum Budi, di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Dusun Pliyang, Desa Tanggumong, Kecamatan Kota Sampang, Jumat (9/2/2018) pukul 15.00 WIB.

Arteria Dahlan, saat bertemu keluarga korban, menyampaikan untuk tidak khawatir terhadap penanganan perkara hukum yang menewaskan suami Sianit Sinta, Ahmad Budi Cahyanto. Polisi akan melakukan penegakan hukum secara proporsional, tuntas, dan adil.

“Sehingga keluarga korban merasakan keadilan hukum hadir di Sampang, penegakan hukumnya harus berkepastian, kalau ada intervensi laporkan saya,” tegas Arteria Dahlan di rumah almarhum Budi, Jumat (9/2/2018).

Komisi yang membidangi hukum, hak asasi manusia (HAM), dan keamanan, ini menyanyangkan tragedi penganiayaan siswa terhadap guru di Sampang. Karena seharusnya guru wajib hukumnya terlindungi dalam setiap melaksanakan tugas kependidikan.

Komisi III DPR RI menemui keluarga korban Ahmad Budi Cahyanto di Kabupaten Sampang, Jumat (9/2/2018) sore. (Ryan Hariyanto/MM)

Dia berharap kasus tersebut tidak terulang kembali di dunia pendidikan. Dalam kejadian ini pihaknya juga ingin melakukan pencermatan apakah penegakan hukum dengan menerapkan Undang-Undang tentang perlindungan anak yang proporsional atau tidak.

“Kita minta betul jangan sampai terulang kembali, jangan sampai ada guru dikriminalisasikan, dijadikan objek penderita, ” ucapnya.

Dalam kunjungan Komisi III DPR RI, rombongan didampingi PGRI Jatim Mashuri, Kepolisian Daerah Jawa Timur. Mereka ditemui juga oleh Kapolres Sampang AKBP Budi Wardiman, Kepala Dinas Pendidikan Moh Jupri Riyadi, dan Kepala Bakesbangpol Rudi Setyadhi.

Anggota Komisi III DPR tiba pukul 11.30 WIB, di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang. Pertemuan tertutup itu membahas untuk mengetahui kejadian meninggalnya guru honorer seni rupa ditangan siswanya sendiri.

Usai shalat Jumat, Arteria Dahlan menemui Kapolres Sampang AKBP Budi Wardiman. Pertemuannya lebih dari satu jam itu memaparkan proses penanganam hukum kasus penganiayaan.

Kemudian, mengunjungi rumah duka almarhum Ahmad Budi Cahyanto di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Dusun Pliyang, Desa Tanggumong.

“Tadi Pak Kapolres begitu terbukanya tadi, fakta hukum diungkapkan kesalahan dan penyidikan seperti apa tadi, tapi tetap mengedepankan yang bersangkutan (pelaku-red) harus diperlakukan sesuai aturan,” imbuh Arteria.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.