KPU Sampang Sediakan TPS di Pengungsian Warga Syiah

Ilustrasi

Sampang, (Media Madura) – Ketua KPU Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Syamsul Muarif, mengaku akan menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) bagi warga Syiah untuk bisa menggunakan hak politiknya pada pilkada yang akan digelar 27 Juni 2018. Selasa (30/1/2018).

“Hasil rapat internal, untuk warga Syiah TPS akan ditempatkan di pengungsian karena lebih menyederhanakan pelaksanaan pemungutan suara, sisi keamanan, biaya maupun faktor lainnya,” kata Syamsul.

Dijelaskan Syamsul, warga Syiah yang kini mengungsi di Rusunawa Jumindo, Sidoarjo, tetap bisa menggunakan hak suara karena mereka masih tercatat sebagai warga Sampang.

Meski begitu, lanjut Syamsul, rencana pendirian TPS itu masih proses pengkajian dan bersifat kebijakan awal KPU.

“Yang jelas kami masih melakukan pembahasan kembali, apakah TPS-nya nanti akan ditempatkan di Sampang atau di tempat pengungsian. Kami masih koordinasi dengan KPU Jatim maupun KPU RI termasuk dengan pihak keamanan,” ujarnya.

Untuk diketahui, jumlah warga Syiah diketahui sebanyak 338 orang dengan jumlah yang memenuhi hak pilih sebanyak 210 orang. Namun jumlah tersebut masih akan dilakukan pemuktahiran data.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.