Sempat Tertunda, Kini 4 Kabupaten di Madura Sepakat Gagas Slogan “Visit Madura”

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparibud) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timut Akhmad Sjaifuddin

Pamekasan, (Media Madura) – Empat kabupaten di Madura, Jawa Timur sepakat menggagas slogan ‘Visit Madura’ menyusul banyaknya destinasi wisata di Pulau Garam.

Gagasan tersebut tertuang dalam kesepakan bersama yang ditandatangani oleh empat masing-masing kabuapaten. Empat kabupaten tersebut adalah kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kabudayaan (Disparbud) Kabupaten Pamekasan, Ahmad Sjaifudin mengatakan, bila slogan Visit Madura pertama kali diusulkan oleh bupati Sumenep, A. Busyro Karim, namun sempat tertunda karena tiga kabupaten lainnya belum siap.

“Usulan tersebut akhirnya secara resmi disetujui oleh Badan Perwakilan Wilayah (Bapperwil) IV Madura sebagai inisiator, pada pertengahan Januari kemarin,” ucapnya, Rabu (24/1/2018).

Ahmad menjelaskan, kabupaten Sampang dipilih sebagai sekretariat bersama (Sekber) yang diketuai oleh Sekdakab setempat.

“Pereode Sekbernya dua tahun dan secara bergantian di tiap kabupaten. Selanjutnya Sumenep, Pamekasan dan Bangkalan,” jelas Ahmad.

Ada dua poin penting yang dihasilkan dalam kesepakan tersebut, yakni paket wisata dan pembentukan kalender even se Madura.

Untuk kabupaten sumenep dijadikan rujukan kalender even tiga kabupaten lainnya karena telah siap untuk menggulirkan 42 even pada visit sumenep 2018.

“Untuk kalender even, tiga kabupaten lainnya harus mengikuti Sumenep yang telah memiliki kakender even sepanjang 2018. Pamekasan, Sampang dan Bangkalan baru akan mulai April mendatang,” imbuhnya.

Dia juga menambah, paket wisata yang dimaksudkan dalam kerja sama tersebut, yakni perumusan lokasi wisata yang akan dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

“Prinsipnya, jualan sektor wisatanya tidak boleh sama. Jika, di Sampang atau Bangkalan sudah ada sektor wisata pantai, maka di Pamekasan harus menonjolkan yang berbeda,” tutupnya.

Reporter: Zubaidi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.