2.898 Bilik Suara untuk Pilkada Sampang

Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif

Sampang, (Media Madura) – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sampang, Madura, Jawa Timur membutuhkan sebanyak 2.898 bilik suara. Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang Syamsul Muarif.

Ia mengatakan, jumlah kebutuhan bilik suara untuk pemungutan suara dalam Pilkada yang akan digelar pada 27 Juni 2018 itu berdasarkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Sampang.

“Ya memang kebutuhanannya sebanyak 2.898 bilik suara Pilkada Sampang,” kata Syamsul, Rabu (24/1/2018).

Dijelaskan Syamsul, untuk jumlah TPS di Sampang ada 1.449 TPS. Sehingga jumlah total kebutuhan bilik suara mencapai 2.898 karena masing-masing TPS membutuhkan 2 bilik suara.

“Jadi 1.449 itu dikalikan dua, maka hasilnya diketahui 2.898 bilik suara, termasuk jumlah kotak suara juga sama,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Syamsul, jumlah bilik suara dan TPS tidak hanya digunakan dalam Pilkada Sampang, melainkan untuk Pilkada Jatim.

Saat ini, KPU telah melakukan pengecekan kondisi kotak suara yang tersimpan di gudang penyimpanan logistik pemilu.

“Sejauh ini masih layak untuk digunakan dalam Pilkada Sampang dan Pilgub nanti,” tuturnya.

Sekedar diketahui, Pilkada Sampang 27 Juni 2018 nanti diikuti oleh tiga bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Diantaranya, H. Hisan dengan KH. Abdullah Mansur (Hasbullah), H. Slamet Junaidi dengan H. Abdullah Hidayat (Jihad), dan pasangan H. Hermanto Subaidi dengan H. Suparto (Mantap).

Untuk pasangan Hisbullah diusung oleh dua partai politik, yakni Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Kemudian, pasangan Jihad diusung lima partai politik, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar, Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sedangkan, pasangan Mantap diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.