Pamekasan – Babinsa Desa Padelegan Serka Achmad Gufron melaksanakan kegiatan penanaman pohon cemara bersama Remaja Masjid Nurul Huda disepanjang jalan pinggir pantai Dusun Asam Batur Desa Padelegan Kecamatan Pademawu. Minggu (14/1/18)

Cemara udang (Casuarina equisetifolia) merupakan salah satu vegetasi hutan pantai yang mampu hidup di lingkungan yang marginal (minim unsur hara) seperti pasir. Tanaman ini memiliki fungsi sebagai pemecah angin, sehingga mampu mencegah terjadinya dampak kerugian yang diakibatkan dari bencana alam.

“Penanaman pohon cemara udang yang dilakukan bersama remaja masjid ini bertujuan untuk menjaga lingkungan yang ada di pesisir pantai, menciptakan lingkungan yang hijau, dan keberadaan pohon cemara udang juga berfungsi sebagai penahan pemecah angin sehingga bisa meredam dampak terjadinya bencana angin puting beliung maupun kemungkinan bencana tsunami yang merugikan masyarakat,” kata Achmad Gufron

“Kegiatan ini juga sebagai wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian alam dan lingkungan, melalui penanaman pohon cemara udang ini juga bisa menjadi tempat berteduh karena keberadaan pohon tersebut sangat bermanfaat untuk menciptakan keteduhan,” ungkapnya.

Rilis

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.