Melihat Peta Politik Bangkalan Lewat Riwayat Para Calon

Advertisement

Bangkalan, (Media Madura) – Tiga hari jelang dibukanya pendaftaran calon bupati dan wakil bupati oleh KPU 8 Januari nanti, kontestan Pilkada Bangkalan baru benderang. Dan prediksi pilkada bangkalan hanya diikuti tiga pasangan calon terbukti benar.

Tiga pasangan itu adalah Latief-Mohni, Farid Alfauzi-Sudarmawan dan Imam Buchori-Mondir Rifi’i.

Latief-Mohni disokong Gerindra, PPP dan Golkar. Koalisi ini punya 19 kursi legislatif. Gerindra 10 kursi, PPP 6 Kursi dan Golkar 3 kursi.

Bekas Bupati Bangkalan yang kini dihukum karena perkara suap dan korupai, Fuad Amin sosok penting dibalik pasangan ini. Latief merupakan adik Fuad Amin, ia kini jabat Ketua PPP Bangkalan dan Wakil Ketua di DPRD.

Sementara Mohni berlatar belakangan birokrat. Jabatan terakhirnya Kepala Dinas Pendidikan dan orang dekat Fuad Amin.

Pasangan Farid Alfauzi- Sudarmawan awalnya disokong Hanura, Demokrat dan PAN. Kemarin, PDIP memastikan bergabung koalisi ini, setelah calon yang dijagokan partai Banteng Ra Hasani Zubair gagal mendapatkan mitra koalisi. Status PDIP partai pendukung bukan pengusung.

Farid sendiri berlatar belakang politisi, dia pernah jadi Anggota DPRD Jatim lewat PPP dan kemudian melenggang ke Senayan lewat Hanura. Namanya pernah disebut oleh mantan Ketua DPRD Jatim, Fathorrasjid dalam kasus P2SEM.

Tidak banyak yang tahu, bahwa Farid merupakan adik Muhammad Dong, Bekas Wakil Bupati Bangkalan pada 2003. Bupati Bangkalan saat itu Fuad Amin.

Ada pun Sudarmawan, merupakan Mantan Sekda Bangkalan, sejak 2004 hingga 2010. Ia kemudian ditarik ke Pemprov Jatim dan jabatan terakhirnya Kepala BPBD Jatim.

Pasangan terakhir adalah Imam Buchori-Mondir Rofi’i. Mereka disokong koalisi PKS, Nasdem dan PKB.

Lolosnya pasangan ini cukup dramatis karena banyak pesaing. Namun, Kamis kemarin baru dipastikan pasangan ini lolos setelah Ra Imam dipanggil ke DPP PKS untuk mendapat rekomendasi.

Dan hari ini, rekom PKB akan diterima oleh wakilnya Mondir Rofi’i di Jakarta. Mondir sempat memperlihatkan undangan pengambilan rekom dari DPP PKB ke wartawan.

Imam Buchori bukan nama baru di dunia politik Bangkalan. Dia pernah dua kali ikut Pilkada melawan Fuad Amin, namun gagal. Pada Pilkada 2013, Imam gugur sebagai calon setelah kalah gugatan di PTUN, 4 hari sebelum pencoblosan.

Sedangkan Mondir Rofi’i, saat ini menjabat Wakil Bupati Bangkalan, ia juga ketua DPC PKB. Mondir merupakan adik mantan Bupati Bangkalan Syafi’ Rofi’i.

Melihat latar belakangan para calon, pada Pilkada 2018, Fuad Amin lewat adiknya Latief Amin akan menghadapi dua mantan rival politiknya yaitu Muhammad Dong lewat adiknya Farid Alfauzi dan Imam Buchori.

Penulis : Mukmin Faisal
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.