Selasa, Oktober 4, 2022

DAK 2018 Naik, Tembus Capai Rp 128 Miliar

Must read

- Advertisement -

Sampang, (Media Madura) – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Sampang Tony Moerdiwanto, melalui Kabid Praswil dan Tata Ruang Abdul Rachman, mengatakan pemerintah daerah mendapat dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar Rp 128 miliar di tahun 2018.

Jatah DAK naik dibandingkan tahun 2017 sebesar Rp Rp 88.569.784.000. Anggaran Rp 128.438.000.000 itu untuk kegiatan fisik, terdiri dari DAK reguler, penugasan, dan afurmasi.

“Tahun ini DAK lebih besar dibanding 2017, yakni Rp 128 miliar dan kalau dulu Rp 88 miliar,” ungkapnya, Kamis (4/1/2018).

Menurutnya, DAK reguler digunakan untuk sarana prasarana pendidikan, kesehatan, pariwisata, sanitasi, air, dan lain-lain. Sementara DAK penugasan untuk mempercepat capaian target di bidang infrastruktur daerah yang menjadi prioritas nasional.

“Lebih detailnya saya tidak bisa saya menyampaikan karena sebagian bukan ranah saya,” terangnya.

Sementara, anggota Komisi III DPRD Sampang Moh. Anwar Sanusi, meminta agar penyerapan DAK sesuai batas waktu yang ditentukan. Sebab, apabila DAK tidak terserap pemerintah pusat tidak akan mentransfer dana tersebut karena pemerintah daerah dianggap gagal.

Anwar menyatakan, untuk perencanaan 2018, dia telah meminta eksekutif membuat perencanaan saat pembahasan APBD Perubahan 2017.

”Jadi, awal tahun ini eksekutif tinggal melaksanakan kegiatannya karena perencanaan sudah dilaksanakan,” tandasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article