TNI Bertani Terus Digalakkan di Pamekasan

Pamekasan – Program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan terus menerus harus ditingkatkan dan dioptimalkan, anggota TNI yang bertugas di tingkat desa yakni Babinsa terus terlibat dalam kegiatan bertani.

Mereka turun ke sawah bersama petani dan mendampingi kelompok tani serta secara teknis dapat menjalin kerjasama antara Babinsa, Mantri Tani dan PPL.

Melalui kegiatan Upsus Babinsa, dapat menjadikan motivator bagi petani untuk bersama-sama mendukung program pemerintah bidang ketahanan pangan menuju swasembada pangan.

Dalam Menyukseskan Swasembada pangan Babinsa Desa Sukolelah Pos Koramil 0826/12 Kadur melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian membantu petani tanam padi di lahan milik Tuki, salah satu anggota poktan palawija di Dusun Pandian Desa Sukolelah Kecamatan Kadur seluas tanah 4 ha.

“Kegiatan membantu petani ini merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat sehingga terjalinnya sinergitas untuk meningkatkan swasembada pangan yang optimal, karena keberhasilan dalam pertanian akan berdampak yang positif bagi kehidupan masyarakat sehingga masyarakat pun akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan dirasakan,” kata Sertu Alfredo

Dengan adanya pendampingan dari babinsa diharapkan kegiatan penanaman padi dapat dilaksanakan dan selesai sesuai jadwal yang telah direncanakan. Selain pengawasan dalam penanaman padi.

“Babinsa juga senantiasa melaksanakan pemantauan terhadap perkembangan padi milik kelompok tani sehingga apabila ada kendala Babinsa dapat segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengatasinya,” jelasnya

Proses pemeliharaan tanaman padi ini memang harus extra, dari penanaman, pemupukan, pemeliharaan sampai panen nantinya dan harus memperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan adanya gangguan hama yang dapat mempengaruhi hasil tanaman.

“Sehingga dengan adanya pemeliharaan yang maksimal harapan para petani terwujud,” tandasnya.

Rilis

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.